SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG   PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA BERKOMITMEN MENJADI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG MENGHASILKAN PENDIDIK, PENELITI, DAN PENGEMBANG BAHAN AJAR DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA YANG BERKARAKTER ISLAMI DAN MAMPU BERSAING DI ASIA TENGGARA  

RIBUAN PENGUNJUNG MEMADATI PAMERAN ALAT PERAGA MATEMATIKA

Palembang - Pameran dan presentasi alat peraga matematika UIN Raden Fatah Palembang dihadiri ribuan pengunjung yang berasal kota palembang. Para peserta terdiri dari mahasiswa, siswa SD, SMP, dan SMA yang ada di kota Palembang

Terciptanya suasa pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa sudah pasti menjadi idaman bagi seorang guru yang sedang mengajar pembelajaran matematika dikelas. Guru selalu berusaha untuk menciptakan suasana tersebut. Tujuannya hanya satu yaitu menciptakan pembelajaran yang bermakna. Maka pendidikan matematika FITK UIN Raden Fatah menggelar pameran alat peraga tersebut dalam rangka untuk memfamiliarkan alat peraga, terkhusus dikalangan siswa dan memberikan inspirasi kepada guru-guru yang mengajar mata pelajaran matematika. 

Acara yang diselenggarakan di gedung Academik Center dihadir Wakil Dekan I FITK Dr.Dewi Warna, M.Pd. dalam sambutannya beliau menyambut baik kegiatan tersebut dan member ruang mendekatkan matematika dengan anak-anak usia sekolah, dan beliau menghimbau kegiatan ini bisa berlangsung kontinyu dan dengan jumlah alat peraga yang lebih banyak lagi. selanjutnya Kaprodi Pendidikan matematika dalam sambutannya menyatakan ada tiga point sasaran dari kegiatan tersebut 1) Mengedukasi Masyarakat Kampus, Siswa dan Guru, 2) Bagi Siswa yaitu sebagai pengetahuan, edukasi dan untuk memfamiliarkan alat peraga/media pembelajaran dikalangan siswa, 3) Bagi guru yaitu sebagai inspirasi untuk membuat alat peraga/ media pembelajaran yang inovatif.  Ditambahkan juga kegiatan ini sebagai moment terbaik dalam rangka membangun suasana akademik dimana mahasiswa dan dosen berkolaborasi dalam mempresentasikan alat peraga tersebut kepada setiap pengunjung yang datang.

Antusiasme siswa mulai dari level SD, SMP dan SMA yang berkunjung memberikan kesan yang positif dari kegiatan tersebut. Tampak suasana akademik yang membaur antara dosen, mahasiswa, guru dan siswa tentu ini menjadi moment yang berharga dalam suasa akademik. 57 alat peraga yang dihasilkan dari kreatif mahasiswa mampu menghipnotis pengunjung yang datang. Ekspresi wajah dan body language menggambarkan keseriusan pengunjung untuk mendapatkan edukasi dari pameran tersebut. 

Pantauan dilapangan kegiatan tersebut sangat meriah, antusias siswa mulai dari siswa SD, SMP dan SMA menyimak penjelasan mengenai kegunaan dan cara kerja alat peraga tersebut. Tercatat 450 pengunjung yang menghadiri pameran tersebut. Salah seorang Siswa SMA mengatakan bahwa kehadirannya dipameran tersebut didasari rasa penasaran terhadap ragam alat peraga yang ditampilkan dan keingin tahunnya mengenai kegunaan dari masing-masing alat peraga.

Kemeriahan acara tersebut juga diiringi pertunjukan gayung bersambut matematika dan juga musikalisasi puisi matematika dengan diiringi gitar akustik dan biola. Salah seorang guru yang datang memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut sembari berharap kegiatan tersebut dapat dilakukan di setiap tahun dengan menambah jumlah alat peraga matematikanya.

 
 

Jadwal Sholat

Untuk Palembang & Sekitarnya
 
Imsak04:13 WIB
Subuh04:23 WIB
Syuruq05:39 WIB
Dzuhur11:47 WIB
Ashar15:00 WIB
Maghrib17:53 WIB
Isya19:02 WIB
2°59'LS, 104°47'BT
Ketinggian : 10 m
Arah kiblat : 65°27' (U-B)